Rabu, 07 November 2012

MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI

Materi 8. MEMOTIVASI KARYAWAN DAN MEMBANGUN TIM YANG MANDIRI

PENTINGNYA MOTIVASI

- Penghargaan intrinsik adalah kepuasan pribadi yang anda rasakan ketika anda bekerja dengan baik dan mencapai tujuan.
- Penghargaan ekstrinsik adalah sesuatu yang diberikan kepada anda oleh oranglain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik, penghargaan ekstrinsik termasuk kenaikan bayaran, pujian, dan promosi.

MOTIVASI DAN HIERARKI KEBUTUHAN MASLOW

Hierarki kebutuhan maslow adalah teori motivasi yang didasarkan pada kebutuhan manusia yang belum dipenuhi dari kebutuhan fisiologis dasar sampai kebutuhan keselamatan,sosial,dan harga diri sampai kebutuhan aktualisasi diri.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMOTIVASI DARI HERZBERG

Faktor-faktor yang memotivasi yang paling penting adalah sebagai berikut:
1. Rasa pencapaian
2. Pengakuan yang didapat
3. Minat dalam pekerjaan itu sendiri
4. Peluang untuk pertumbuhan
5. Peluang untuk kemajuan
6. Pentingnya tanggung jawab
7. Hubungan kawan sebaya dan kelompok
8. Bayaran
9. Keadilan penyelia
10. Kebijaksanaan dan peraturan perushaan
11. Status
12. Keamanan pekerjaan
13. Keramahan penyelia
14. Kondisi pekerja

Motivator adalah dalam teori faktor yang memotivasi dari herzberg ,faktor-faktor pekerjaan yang membuat para karyawan menjadi produktif dan yang memberi mereka kepuasan .

Faktor higiene adalah dalam teori faktor yang memotivasi dari Herzberg, faktor-faktor pekerjaan yang dapat menyebabkan ketidakpuasan apabila tidak ada,tetapi yang tidak selalu memotivasi para karyawan bila ditingkatkan.

TEORI PENENTUAN TUJUAN DN MANAJEMEN MENURUT OBJEKTIF

* Teori penentuan tujun adalah pemikiran bahwa penentuan tujuan yang ambisius,tetapi dapat dicapai dapat memotivasi para pekerja dan meningkatkan kinerja apabila tujuan diterima, disertai dengan umpan balik, dan difasilitasi oleh kondisi organisasional.
* Manajemen menurut objektif adalah sistem penentuan tujuan dan implementasi yang melibatkan siklus diskusi, tinjauan, dan evaluasi objektif diantara manajemen tingkat puncak dan menengah,penyelia dan karyawan.
* Teori harapan adalah teori victor vroom bahwa jumlh usaha yang digunakan pra karyawan dalam tugas tertentu bergantung pada harapan mereka akan hasil
* Teori penguatan adalah teori bahwa penguat yang positif dan negatif memotivasi seseorang untu berperilaku dalam cara-cara tertentu.
* Teori keadilan adalah pemikiran bahwa karyawan berusaha untuk mempertahankan keadilan antara masukan dan hasil bila dibandingkan dengan orang lain dalam posisi yang sama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar