Rabu, 07 November 2012

MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA

Materi 7. MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA

Produksi adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi : tanah, tenaga kerja, modal, kewirausahaan dan pengetahuan.
Manajemen Operasi adalah area khusus di dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa.

PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI

a. Lokasi Fasilitas adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan.
b. Tata Ruang Fasilitas adalah susunan fisik sumber dalam proes produksi.
c. Perencanaan Persyaratan Bahan adalah sistem manajemen operasi berbasis komputer yang menggunakan ramalan penjualan untuk memastikan bahwa bagian-bagian dan bahan-bahan tersedia pada waktu dan tempat yang tepat.
d. Pembelian adalah fungsi dalam perusahaan yang mencari sumber bahan berkualitas, menemukan pemasok terbaik, dan menegosiasikan harga terbaik untuk barang dan jasa yang berkualitas.
e. Kontrol Kualitas adalah secara konsisten memproduksi apa yang diinginkan pelanggan sementara mengurangi kesalahan sebelum dan setelah pengiriman ke pelanggan.
f. Standar ISO 9000 dan ISO 14000

PROSEDUR KENDALI: PERT DAN BAGAN GANTT

Evaluasi program dan teknik tinjauan (PERT) adalah metode untuk menganalisis tugas yang terlibat di dalam penyelesaian proyek tertentu, perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas, dan identifikasi waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar