Rabu, 07 November 2012

MANAJEMEN, KEPEMIMPINAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN

Materi 5. MANAJEMEN, KEPEMIMPINAN DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN


FUNGSI MANAJEMEN

Manajemen adalah proses yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasional melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian orang dan sumber-sumber daya organisasional lainnya. Terdapat 4 fungsi manajemen yaitu
1. perencanaan,
2. pengorganisasian,
3. kepemimpinan, dan
4. pengendalian.

PERENCANAAN: MENCIPTAKAN VISI BERDASARKAN PADA NILAI

Yang dimaksud visi adalah penjelasan yang luas atas mengapa organisasi tersebut eksis dan kemana arah yang dituju organisasi tersebut. Sedangkan misi adalah uraian mengenai tujuan mendasar dari sebuah organisasi. Sebuah misi harus menyinggung tentang :
konsep diri organisasi, filosofi tujuan perusahaan, daya tahan jangka panjang, kebutuhan pelanggan, tanggung jawab sosial dan sifat dari produk atau jasa perusahaan.

Perencanaan adalah fungsi manajemen meliputi antisipasi terhadap tren dan penentuan strategi dan taktik terbaik untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasional. Ada 4 bentuk perencanaan yaitu, perencanaan strategis, perencanaan taktis, perencanaan operasional dan perencanaan kontingensi.

PENGISIAN STAF DAN KEPEMIMPINAN

Pengisian staf adalah sebuah fungsi manajemen yang meliputi merekrut, memperkerjakan, memotivasi, dan mempertahankan orang-orang terbaik yang ada untuk mencapai sasaran organisasi.
Kepemimpinan adalah menciptakan visi untuk organisasi dan mengkomunikasikan, membimbing, melatih dan memotivasi orang lain untuk bekerja secara efektif untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi. Ada beberapa gaya kepemimpinan, yaitu :
- Kepemimpinan otokratis
- Kepemimpinan partisipatif
- Kepemimpinan free-rein

PENGORGANISASIAN: MENCIPTAKAN SEBUAH SISTEM YANG PADU

Bagan organisasi adalah sebuah alat visual yang memperlihatkan hubungan antarorang dan membagi pekerjaan organisasi. Bagan ini terdiri atas :
1. Manajemen puncak ( President, Vise President )
2. Manajemen menengah ( Manager Pabrik, Kepala Divisi, Manager Cabang )
3. Manajemen penyelia ( Penyelia, Kepala Departemen, Pemimpin Bagian )
4. Non-penyelia ( karyawan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar