Rabu, 07 November 2012

MENAMPILKAN PERILAKU ETIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

Materi 2. MENAMPILKAN PERILAKU ETIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL
 
Standar etis merupakan fundamental

Kita dapat mendefinisikan etika(ethics), sebagai standar perilaku bermoral, yaitu perilaku yang dapat diterima oleh masyarakat sebagai perilaku yang benar ataupun yang salah. Banyak orang yang selalu memutuskan secara situsional apakah boleh untuk mencuri, berbohong, atau minum saat mengemudi.namun itu semua hanya pikiran sebagian banyak orang yang berpikir bahwa apa yang benar adalah apapun yang dirasakan terbaik untuk mereka.

kode etika berbasis kepatuhan adalah standar etis yang menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol dengan memberikan sangsi kepada yang melanggar.

kode etika berbasis integrasi adalah standar etis yang mendefinisikan nilai-nilai panduan organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku yang baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar karyawan.

MENGELOLA BISNIS SECARA ETIS DAN BERTANGGUNG JAWAB

Sebuah bisnis harus dikelola secara etis karena banyak alasan seperti, untuk memelihara reputasi baik, untuk mempertahankan pelanggan yang ada, untuk menarik pelanggan baru, untuk menghindari tuntutan hukum, untuk menghindari perputaran karyawan, untuk menghindari campur tangan pemerintah, untuk menyenangkan pelanggan, karyawan, dan masyarakat.

STANDAR ETIS KORPORAT

Kode etika diklasifikasikan menjadi dua, yang pertama Kode Etika Berbasis Kepatuhan adalah standar etis yang menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksi kepada yang melanggar. Yang kedua adalah Kode Etika Berbasis Integritas yaitu standar etis yang mendefinisikan nilai-nilai panduan organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku yang baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar karyawan.

AUDIT SOSIAL

Audit sosial adalah sebuah evaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerapan program yang beertanggung jawab dan responsif secara sosial. Masalah utama dalam melakukan audit sosial adalah menetapkan prosedur-prosedur untuk mengukur aktivitas sebuah perusahaan dan pengaruhnya pada masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar