Rabu, 05 Desember 2012

PEMASARAN (bag.1) : Membangun Hubungan Dengan Pelanggan



Materi 9 : MEMBANGUN HUBUNGAN ANTAR PELANGGAN
Konsep pemasaran di bagi tiga kelompok yaitu :
  •  Orientasi pelanggan 
  •  Orientasi jasa 
  •  Orientasi laba
Manajemen hubungan pelanggan adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang ada dapat lakukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan barang dan jasa.
Faktor-faktor yang untuk meningkatkan dan mengimplementasikan bauran pemasaran adalah :
  1. Produk (product)
  2. Harga (price)
  3. Tempat (place)
  4. Promosi (promotion)
Produk adalah barang,fisik,jasa atau ide yang memuaskan ke inginan atau kebutuhan plus apa pun yang akan meningkatkan produk di mata konsumen, seperti merek.
Nama merek adalah kata,huruf,atau kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan barang dan jasa milik pesaing.
Penelitian pemasaran adalah analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan, dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.
Prose Penelitian pemasaran ini setidaknya empat langkah :
  • Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
  • Mengumpulkan data
  • Menganalisis data penelitian 
  • Memilih solusi terbaik dan mengimplementasiakan
Evolusi Bidang Pemasaran.
Evolusi pemasaran di Amerika Serikat melibatkan 4 era yaitu:
• Produksi
• Penjualan
• Konsep Pemasaran
• Hubungan Pelanggan.
1. Era Produksi.
Dari kali pertama penghuni Eropa memulai perjuangan mereka untuk bertahan hidup di Amerika sampai awal tahun 1900-an, filosofi umum bisnis adalah “produksilah sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas”. Dengan kapabilitas produksi yang terbatas dan banyaknya permintaan untuk produk-produk pada jaman itu, filosofi yang seperti ini logis dan menguntungkan. Para pemilik bisnis kebanyakan adalah petani, tukang kayu, dan pekerja dagang.
2. Era penjualan.
Pada tahun 1920-an, bisnis telah mengembangkan teknik produksi masa dan kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekaan pada produksi menjadi penekaan pada penjualan.
3. Era Konsep Pemasaran.
Setelah perang dunia ke 2 berakhir, pada tahun 1945 ada banyak permintaan akan barang dan jasa diantara para prajurit yang kembali yang memulai karier baru dan membina keluarga. Bisnis mengakui kebutuhan untuk bersikap responsive terhadap konsumen apabila mereka ingin mendapatkan bisnis mereka, dan pada tahun 1950-an muncullah folosofi yang disebut konsep pemasaran.
Konsep Pemasaran memiliki tiga bagian yaitu:
- Orientasi Pelanggan
- Orientasi Jasa
- Orientasi Laba.
4. Era Hubungan Pelanggan.
Pada tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, para manejer mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manajemen hubungan pelanggan. Manajemen hubungan pelanggan adalah proses mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang Anda dapat lakukan untuk memuaskan mereka atau bahkan melebihi harapan mereka dengan barang dan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar